ISMIYATI

modul 2.1

Modul 2.1

Standar Kompetensi :Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia
Kompetensi Dasar : 2.1 Menyimak untuk menympulkan informasi yang tidak bersifat
perintah dalam konteks bekerja.
Waktu : 6 Jam
Sumber :BSE
Indikator :
- Mengubah informasi dari bentuk lisan ke dalam bentuk nonverbal (bagan,tabel,diagram,grafik,denah.
matriks)
- Menyampaikan pendapat/opini dengan menggunakan teknik penyampain simpulan dan pendapat yang
akurat secara deduktif atau induktif)
- Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benardalam menyimpulkan informasi

A. Kegiatan Menyimak dan Memahami Informasi Nonverbal
Menyimak merupakan salah satu kegiatan berbahasa yang dapat menambah atau memperluas wawasan.Proses menyimak menuntut motivasi dan perhatian dari pendengar.Tanpa keinginan dan perhatian, sulit mengharapkan hasil yang memuaskan.
Berdasarkan caranya, menyimak terdiri atas beberapa macam, yakni:
1. Menyimak Intensif
menyimak memahami secara terperinci, teliti, dan mendalami bahan yang disimak.
2. Menyimak Ekstensif
menyimak memahami secara sepintas dan umum dalam garis-garis besar
3. Menyimak untuk Belajar
melalui kegiatan menyimak, seseorang mempelajari berbagai hal yang dibutuhkan.
4. Menyimak untuk Menghibur
menyimak sesuatu untuk menghibur dirinya. Misalnya, menyimak
pembacaan cerita-cerita lucu, pertunjukan sandiwara, film, dan sebagainya.
5. Menyimak untuk Menilai
menyimak mendengarkan, memahami isi simakan, menelaah, mengkaji,menguji dan
membandingkan dengan pengalaman serta pengetahuan menyimak.
6. Menyimak Diskriminatif
menyimak untuk membedakan bunyi suara. Dalam belajar bahasa
Inggris, misalnya siswa harus dapat membedakan bunyi (i) dan (i:).
7. Menyimak Pemecahan Masalah
menyimak mengikuti uraian pemecahan masalah secara kreatif dan analisis yang disampaikan
pembicara .
Untuk dapat mengungkapkan kembali informasi simakan yang diterima dengan baik dan memadai ,kita dapat mlakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Perhatikan judul wacana yang akan dilisankan.
2. Catatlah kata-kata kunci yang dianggap penting berupa frasa atau klausa.
3. Catatlah ide-ide pokok setiap paragraf
4. Catatlah fakta-fakta atau data berupa angka, persentase, atau perbandingan.
5. Uraikan kembali dalam bentuk ikhtisar berdasarkan data-data yangdicatat.
Berikut ini pengertian dan contoh bentuk informasi nonverbal.
1. Grafik
Grafik adalah gambaran pasang surutnya suatu keadaan atau data yang ada dengan garis atau gmbar.Grafik dibedakan menjadi tiga macam,yaitu grafik batang,grafik garis,dan grafik lingkaran.
a. Grafik batang adalah lukisan naik turunnya data berupa batang atau balok dan dipakai untuk
menekankan adanya perbedaan tingkatan atau nilai yang berupa aspek.
Contoh Grafik Batang :

Grafik Pekerjaan Orang Tua Siswa SMK Nurul Islam Tahun 2007

b. Grafik garis adalah lukisan naik turunnya data berupa garis yang dihubungkan dari titik-titik data secara berurutan.
dihubungkan dari titik-titik data secara berurutan.
Grafik ini dipakai untuk menggambarkan perkembangan atau perubahan waktu ke waktu.














Contoh grafik garis:
Grafik Pengunjung Perpustakaan Nurul Islam Tahun 2007


c. Grafik lingkaran adalah gambaran naik turunnya data berupa lingkaran untuk menggambarkan persentase dari nilai total atau seluruhnya.




2. D iagram
Diagram adalah (gambaran buram, sketsa) untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu.
Bentuk-bentuk diagram antara lain adalah diagram arus ( bgan alur),diagram balok,diagram gambar,diagram garis,diagram lingkaran dan diagram gambar
3. Tabel
Tabel adalah daftar yang berisi ikhtisar dan sejumlah data informasi,biasanya berupa kata-kata dan bilangan tersusun secara bersistem urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis
Pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak.
4. Bagan
Bagan adalah gambaran secara analisis atau terurai tentang proses yang terjadi di alam,teknologi dan masyarakat manusia.Bagan digunakan untuk membantu memperjelas proses kerja.








Contoh: Bagan

5. Peta
Peta adalah gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah,laut,sungai,gunung-gunung dan sebagainya dari suatu daerah yang menyatakan sifat batas,sifat permukaan.
6. D enah
Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, peta, atau gambar rancangan bangunan.
7. Matriks
Matriks adalah tabel yang disusun dalam lajur dan jajaran sehingga butur-butir uraian yang diisikan dapat di baca dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.

Latihan 1
1. Carilah grafik,diagram,tabel,bagan,peta,denah,dan matriks dalam surat kabar!
2. Kemudian informasikan dalam bentuk verbal!

B. Pengalihan Informasi Verbal menjadi Nonverbal
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengalihkan atau mengubah informasi verbal ke informasi nonverbal ,adalah sebagai berikut:
1. Perhatikan dengan saksama isi informasi verbal yang ingin diubah.
2. Perhatikan data-data berupa lambang, satuan atau angka-angka serta perbandinganya untuk
menentukan bentuk visul yang efektif atau grafik,tabel dll.
3. Catatlah hal-hal pokok atau inti dari informasi yang disimak.
4. Buatlah bentuk nonverbal yang tepat untuk mengungkapkan informasi tersebut.
5. Gambar, bagan, atau grafik dibuat dengan baik, benar, tepat, danseimbang dengan isi.
6. Tentukan warna, lambang, atau bentuk untuk menggambarkan ataumembedakan data-datany

Latihan 2
1. Carilah bacaan dari surat kabar kemudian ubahlah menjadi bentuk nonverbal!
C.Menyampaikan Pendapat melalui Simpulan Secara Deduktif dan
Induktif.
Penyimpulan secara deduktif ialah cara mengambil simpulan dari pernyataan yang bersift umum diikuti oleh uraian atau pernyataan yang bersifat khusus.
Perhatikan contoh berikut:

1. Negara adalah institusi mapan, tetapi dinamis sehingga mampu mengantisipasi
segala perubahan yang terjadi. Negara mewadahi seluruh kepentingan masayarakat.
Ia menyediakan kerangka umum yang bersifat abstrak sehingga terbuka untuk ditafsirkan.
Sementara pemerintah adalah pranata kontenporer sebgai penyelenggara Negara lain dalam
waktu yang ditetapkan oleh konstitusi negara.
Penyimpulan secara induktif ialah cara mengambil simpulan dari pernyataan-pernyataan atau fakta-fakta yang bersifat khusus menuju ke suatu simpulan yng bersifat umum.
Perhatikan contoh berikut.
1. Penyair akan membuat sebuah puisi dengan cara menuangkan imajinasinya, barulah tercermin sebuah puisi. Pengarang novel akanmerangkai ceritanya dengan pengembangan imajinasi. Demikian jugaseniman akan menggoreskan lukisan di dasar kain dengan imajinasinya
ke arah yang sebenarnya. Memang benar imajinasi itu diperlukan yang mencipta suatu karya.
.
2. Plagiat ialah pengambilan atau penerjemahan sesuatu hasil begitu sajadengan tidak menyebutkan pengarang asli melainkan menurunkan nama sendiri sebagai pengarang. Plagiat tidak diperkenankan dalamdunia sastra. Banyak karya sastra yang beredar merupakan karya
plagiat. Dalam dunia karya sastra memang terdapat larangan keras untukpengarang plagiat.

II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar!
1. Sebutkan langkah-langkah yang harus dilakukan agar dapat mengungkapkan kembali
Informasi yang disimak!
2. Jelaskan perbedaan informasi berbentuk verbal dan nonverbal!
3. Hak apa saja yang harus dilakukan agar menyimak mencapai hasil yang baik?
4. Apa yang kamu ketahui tentang grafik?
5. Sebutkan macam-macam grafik!
6. Apa yang kamu ketahui tentang denah? Jelaskan!
7. Jelaskan perbedaan grafik dan peta!
8. Apa yang dimaksud paragraf deduktif?
9. Berikan masing-masing contoh informasi verbal dan nonverbal!
10.Jelaskan hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk mengalihkan informasi verbal ke
nonverbal!



Selamat Mengerjakan!

0 komentar:

online